Janganlah sekali-kali kita melupakan seajarah. Dari sejarah kita bisa belajar sesuatu, betul gak? Dunia otomotif sendiri punya catatan sejarah. Perkembangan dari awal mula sampai sekarang yang terus berkembang punya certita dan lika-liku. Berikut sepenggal perjalanan awal mula kehidupan ranah otomotif di dunia seperti yang ditulis oleh William W. Bottorff.
Menurut catatan awal, di italia ditemukan beberapa design untuk kendaraan yang digerakan oleh bantuan tenaga angin. Yang pertama adalah Guido da Vigevano pada tahun 1335 M. Kendaraan berkemudi dengan penggerak mengandalkan kincir angin untuk menggerakan roda gigi dan roda. Lalu Vaturio yang merancang dan membangun kendaraan dengan konsep serupa. (Wah .. jadi dulu awal mula mobil ditiup tiup gan biar maju wkwkwk). Kemudian, tercatat Leonardo da VInci merancang sebuah sepeda roda tiga yang digerakan dengan kemudi anakan dan mekanisme diferensial diantara roda belakang.
Diperkirakan pada tahun 1678, seorang imam Katolik bernama Ferdinand Verbiest membangun sebuah kendaraan bertenaga uap untuk Kaisar Chien Lung di China. Berdasarkan data yang ada, kemungkinan mesin untuk Kaisar tersebut belum menggunakan konsep mesin uap yang benar karena dari data yang tercatat, Thomas Newcomen baru membangun mesin uap pertama pada 1712. Kemungkinan Verbiest membangun sebuah model kendaraan yang didukung oleh mekanisme seperti mesin uap yaitu roda yang berputar dengan jet di pinggiran.
Mesin uap Thomas Newcomen memiliki silinder, piston dan ini adalah yang pertama dari jenis tersebut. Uap digunakan sebagai kondensator untuk membentuk ruang hampa, penemuan itu merupakan hal yang besar pada saat itu. Dalam mesin Newcomen, uap itu tidak di bawah tekanan, hanya sebuah boiler terbuka yang disalurkan ke silinder. Prinsip vakum yang sama juga digunakan oleh Thomas Savery dan telah dipatenkan.
Ilustrasi mesin uap Newcomen
Dalam prinsip Savery, untuk mengangkat air secara langsung, vakum yang akan membatasi pompa untuk kurang dari 32 feet dari pengangkatan. Pengangkatan di mesin Newcomen hanya akan dibatasi oleh panjang batang dan kekuatan katup di bagian bawah. Entah bagaimana Newcomen tidak dapat memisahkan penemuannya dari Savery dan akhirnya harus membayar hak paten untuk Savery. Pada tahun 1765, James Watt mengembangkan mesin uap pertama bertekanan yang ternyata jauh lebih efesien dan kompak daripada mesin Newcomen.
Kendaraan pertama yang berjalan dengan kekuatan sendiri tercatat dirancang oleh Nicholas Joseph Cugnot dan dibangun oleh M. Brezin pada tahun 1769. Sebuah replika dari kendaraan ini dipamerkan di Conservatoire des Arts et Metiers di Paris. Museum smithsonian di Washington DC juga dipercaya dibangun pada tahun 1770 yang beratnya 8.000 Pounds (sekitar 4 ton) ... dan memiliki kecepatan tertinggi 2 mil per jam. Saat itu melaju di jalanan bebatuan besar di Paris. Ini memungkinkan kendaraan tersebut adalah yang tercepat pada masa itu.
Kendaraan-kendaraan awal bertenaga uap sangat berat dan hanya praktis berjalan pada permukaan yang datar. Sebuah jalur jalan dibuat dari rel besi akan menjadi norma baru untuk seratus dua puluh (120) tahun kedepan dari masa itu. Kendaraan semakin besar, lebih berat, lebih kuat, dan dengan demikian akhirnya mampu menarik kereta daripada banyak mobil yang penuh dengan barang dan penumpang.
Banyak upaya yang dilakukan di Inggris pada tahun 1830 untuk mengembangkan sebuah kendaraan praktis yang tidak memerlukan rel. Serangkaian kecelakaan dan propaganda terjadi saat rel kereta api didirikan. Hal ini menyebabkan sebuah kebingungan dimana adanya peraturan ketat tentang pengembangan mobil di Inggris. Beberapa kendaraan komersial dibangun tapi mereka lebih menyerupai kereta tanpa rel.
Bersambung ke part 2 ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar