Minggu, 06 Maret 2016

Sejarah Pendek Tentang OTOMOTIF Part 2

Pengembangan mesin pembakaran internal harus menunggu sampai bahan bakar tersedia. Bubuk mesiu pun telah dicoba tetapi tidak berhasil. Karburator mesiu masih sulit berfungsi secara sempurna. Sumber bahan bakar gas yang pertama benar-benar menggunakan gas. Mereka menggunakan gas batubara yang dihasilkan oleh batubara dalam pemanasan dalam suatu bejana tekanan atau boiler.

Seorang Perancis bernama Etienne Lenoir mematenkan mesin gas pertama yang praktis di Paris pada tahun 1860 dan mengendarai mobil berdasarkan desainnya sendiri dari Paris ke Joinville pada tahun 1862. Satu setengah tenaga kuda, kekuatan mesin dan memiliki lubang langkah stroke 5 inchi dan 24 inchi.
Sayangnya, mesin ini besar, berat, dan perputaran mesin bisa berbalik 100 rpm. Lenoir meninggal pada 1900 dikarenakan kendaraannya pecah.

Lenoir memiliki mekanisme tersendiri untuk memampatkan gas sebelum terjadi pembakaran. pada tahun 1862, Alphonse Bear de Rochas menemukan cara untuk memampatkan gas dalam silinder yang sama dimana itu untuk pembakaran, yang sampai kini masih dipakai. Proses membawa gas ke dalam silinder, penekanan, pembakaran campuran terkompresi, kemudian pembuangan itu disebut dengan siklus Otto. Lenoir mengklaim telah menjalankan mobil pada benzena dan menggambarkan adanya pengapian dari percikan listrik busi. Jika benar demikian, maka kendaraannya adalah yang pertama berjalan dengan sistem pembakaran dalam dengan bahan bakar berbasis minya bumi atau bensin.

Siegfried Marcus dari Mecklenburg membangun sebuah model kendaraan pada 1868 dan menunjukannya satu di pameran Wina 1873. Mobil tersebuat di kemudian hari disebut Strassenwagen dan memiliki sekitar 3/4 daya kuda pada 500 rpm. berjalan di atas roda kayu kasar dengan velg besi dan berhenti dengan menekan balok kayu terhadap velg besi. Salah satu dari empat mobil yang dibangun oleh Marcus terdapat di Museum Teknik Wina dan masih sampai saat ini masih bisa berjalan. Keren ya ...

Pada 1876, Otto Nokolaus mematenkan mesin siklus Otto karena de Rochas lupa untuk melakukannya. Hal ini kemudian menjadi dasar bagi Daimler & Benz untuk menggelar paten Otto dengan mengklaim penemuan sebelumnya dari de Rochas.


Frau Berta Benz membawa mobil Karl satu malam dan melakukan perjalanan mobil pertama kali dalam waktu lama untuk melihat ibunya, 62 mil dari Mannheim ke Pforzheim pada 1888. Agustus sebelumnya, Karl Benz mengendarai kendaraan roda tiga tubular di sekitar Lembah Neckar, 60 mil dari tempat Daimler tinggal dan bekerja.

Gambar di atas merupakan hasil karya Gottlieb Daimler di Bad Cannstatt dimana ia membangun sepeda motor kayu. Daimler putra Paulus mengendarai sepeda motor ini dari Cannstatt ke Unterturkheim dan kembali pada pada tanggal 10 November 1885. Daimler menggunakan sistem tabung pengapian panas untuk mendapatkan kecepatan mesin hingga 1000 rpm.

Juga pada Agustus 1888, William steinway, pemilik pabrik piano Steinway & Sons, berbicara dengan daimler tentang manufaktur yang benar di Amerika Serikat dan akhirnya sepakat pada September. Pada tahun 1891, perusahaan Daimler Motor dimiliki oleh Steinway dan telah memproduksi mesin bensin untuk mobil trem, kereta, quadricycles, pemadam kebakaran, dan perahu di sebuah pabrik di Hartford, Connecticut, USA.

Mobil uap telah dibangun di Amerika Serikat sejak sebelum perang sipil namun berawal seperti miniatur lokomotif. Pada 1871, Dr. JW Carhart, profesor fisika di Wisconsin State University dengan Jl Case Company, membangun mobil uap. Hal ini cukup praktis untuk menginspirasi negara bagian Wisconsin untuk menawarkan hadian $ 10.000 untuk pemenang lomba Mil 200 pada 1878. Perlombaan 200 mil ini memiliki tujuh entri. Satu mobil disponsori oleh Kota Green Bay adalah yang tercepat tetapi rusak dan mobil Oshkosh selesai dengan kecepatan rata-rata 6 mph.

Dari waktu itu sampai akhir abad ini, hampir setiap komunitas di Amerika Serikat memiliki ilmuan gila yang bekerja untuk sebuah mobil uap. Banyak berita lama dan cerita tentang percobaan dan kegagalan tersebut. Pada 1890, Ransom E. Olds telah membangun mobil bertenaga uap kedua. Satu dijual kepada pembeli di India melalui perjalanan kapal, tetapi kapal itu hilang dilaut.


Pada Februari 1893 dan siap untuk uji jalan pada September 1893, mobil yang dibangun oleh Charles dan Frank Duryea adalah mobil bertenaga bensin pertama di Amerika Serikat. Peluncuran pertamanya di jalan umum pada 21 September 1893 di Springfield, Massachusetts. Mereka telah membeli kereta kuda bekas seharga $ 70 dan memasang mesin bensin satu silinder dengan 4 daya kuda. Mobil itu memiliki transmisi geser, karburator semprot, dan pengapian dengan tegangan rendah. Mobil tersebut tidak berjalan dengan baik karena Frank tidak mengendarainya lagi sampai 10 November seperti diberitakan surat kabar Springfield Morning Union. Mobil ini dimasukkan ke dalam penyimpanan pada 1894 dan tinggal di sana sampai 1920 ketika diselamatkan oleh Inglis M. Uppercu dan dipamerkan ke Amerka Serikat National Museum.


Bersambung ke part 3 ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar